Monday, May 30, 2016

Cara Mengetahui Tombol Joystick Berfungsi Atau Tidak

Ini merupakan tips yang sangat mudah, namun apasalahnya jika saya share untuk sobat-sobat yang mungkin belum mengetahui cara ini.
Yang pasti driver joystik/gamepad sudah terinstall di komputer/laptop, biasanya driver tersebut berbentuk cd yang sudah ada di dalam kantong/bungkus joystick saat kita membeli joystick tsb.
adapun driver yang sudah berada di dalam joysticknya, yaitu saat kita memasukkan joystiknyaa ke port/lubang usb maka otomatis drivernya akan melakukan proses penginstallan.
Jika memang sudah terinstall saatnya masukan/colokan joystik ke port usb,
lalu klik start pilih "Devices and Printers"

Setelah masuk ke "devices and printers" maka terdapat gambar joystik. klik kanan pada gambar tersebut lalu klik "Game controller setting".
Maka muncul tab baru klik "Properties"
Nah, pada bagian inilah cara mengetahui/mengecek apakah tombol joystiknya berfungsi atau tidak.?
Pada bagian "Axes" yaitu memeriksa analog kiri dan kanan, gerakan analog kiri dan kanannya jika berfungsi maka tanda "+" di dalam kotak akan mengikuti gerakan analog yang sedang kita goyangkan,
pada bagian "Point of View Hat" ini tempat memeriksa tombol arah,
Pada "Button" dari namanya saja pasti tau pada bagian ini yaitu memeriksa tombol-tombol yang ada pada joystick, tekan salah satu tombol jika berfungsi warnanya akan mencerah.
Pindah ke tab "Calibration Function" ini fungsinya sama seperti "Axes" hanya pada tab ini lebih di perjelas.

Pada tab selanjutnya yaitu "Vibration Test" merupakan bagian untuk memeriksa getaran pada joystick, naikkan strengthnya jika getarannya ingin lebih besar/keras.
Pada tab terkahir "About" yaitu tempat untuk mengetahui versi driver joystick.
Jika selesai klik "OK".

Sekianlah tips Cara Mengetahui Tombol Joystick Berfungsi Atau Tidak dari saya semoga tips ini dapat membantu !

No comments:

Post a Comment